Prodi Hukum Ekonomi Syariah IAIN Kediri Menghadiri kegiatan ICOSHEL dan MUNAS POSDHESI di Bandung

ICOSHEL merupakan singkatan dari International Conference on Sharia Economic Law. Tahun 2024 ini merupakan tahun pertama Perkumpulan Program Studi dan Dosen Hukum Ekonomi Syariah (POSDHESI) menyelenggarakan konferensi internasional. Konferensi ini diselenggarakan di Grand Hotel Preanger Bandung pada tanggal 24-26 Juli 2024 dengan mengusung tema Promoting the Role of Sharia Economic Law in the Development of a Green Economy. Kegiatan Musyawarah Nasional POSDHESI tahun ini membahas kurikulum berbasis  Outcome Based Education (OBE) sebagaimana amanat Permendikbudristek no 53 Tahun 2023.

Pelaksanaan kegiatan ICOSHEL dan MUNAS tahun ini POSDHESI bekerjasama dengan UIN Sunan Gunung Jati Bandung. Adapun pengelola dari Fakultas Syariah IAIN Kediri yang ikut memeriahkan kegiatan ini terdiri dari Dr. Khamim, M.Ag selaku Dekan, Amrul Mutaqin,M.EI selaku Kaprodi HES serta Faridatul Fitriyah,M.Sy selaku sekprodi HES.

Rangkaian kegiatan kali ini diawali dengan opening ceremony yang diisi oleh ketua umum POSDHESI yaitu Dr. Abdul Mujib, M.Ag beliau menggambarkan orientasi kurikulum prodi HES pada masa depan. Rangkaian hari ke dua diawali dengan plenary session dengan tema Green Economic Sustainability: Strengthening the Role of Sharia Economic Law: a Green Economy Perspective yang disampaikan oleh Prof. Dr. Dora Marinova dari Curtin University Australia. Dilanjutkan dengan materi ke-2 yang disampaikan oleh Prof. Dr. Mohamed Saladin bin Rasool dari Faculty of Business and Management UiTM Melaka Malaysia dengan mengusung tema The Role of Sharia Economic Law in Reducing Poverty. Adapun pemateri dalam negeri dalam konferensi internasional kali ini terdiri dari Prof. Dr. H.Ah. Fathonih,M.Ag., CIELP.,MCE dari UIN Bandung yang membahas tema The Current DSN-MUI Fatwa is a Response to the Development of the Sharia Financial Industry and Halal Industry. Pemateri yang ke-empat dari Fakultas Syariah UIN Semarang yaitu Prof. Abdul Ghofur, M.Ag dengan tema Dynamics of the Development of Regulations on Sharia Economic Law in Indonesia. Puncak acara konferensi siang ini adalah parallel session yang mana dalam kesempatan kali ini seluruh peserta yang mengikuti kegiatan konferensi dipersilahkan untuk mempresentasikan artikel masing-masing. Di antara presentator yang mewakili Prodi HES Fakultas Syariah IAIN Kediri dalam pararel session tersebut adalah Imaniar Yashinta, Faridatul Fitriyah, dan Amrul Mutaqin.

Kegiatan terakhir dalam rangkaian kegiatan ini adalah workshop kurikulum prodi HES berbasis OBE. Dalam Munas kali ini seluruh anggota munas mengikuti rapat pleno untuk menyepakati profil lulusan prodi HES, Body of Knowladge kurikulum prodi HES hingga mata kuliah yang telah disepati oleh asosiasi prodi HES. Demikian rangkaian kegiatan ICOSHEL dan MUNAS prodi HES tahun 2024 yang terselenggara meriah, hangat dan bermanfaat. Semoga dengan keikutsertaan kegiatan ini membawa manfaat dalam pengelolaan prodi HES IAIN Kediri.