PEMBEKALAN TERPADU MAHASISWA BARU (PTMB) HUKUM EKONOMI SYARIAH 2024

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Hukum Ekonomi Syariah (2024) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri menyelenggarakan kegiatan Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru (PTMB) Hukum Ekonomi Syariah Angkatan Akademik 2024 yang mengusung tema “Bersatu Dalam Diversitas Membentuk Karakter Mahasiswa Yang Berintegritas Dan Merajut Solidaritas”. Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru (PTMB) adalah kegiatan penyambutan kepada mahasiswa atau biasa kita kenal dengan OSPEK. Tujuan PTMB sendiri untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih mudah dan lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus karena mahasiswa baru sedang berada dalam posisi transisi dari masa Aliyah/SMA/SMK ke kuliah, transisi dari kampung halaman ke kampung perantauan, dan transisi dari status siswa ke mahasiswa, selain itu juga untuk memperkenalkan sistem pendidikan di perguruan tinggi, untuk mewujudkan lingkungan kampus yang ramah dan sehat, untuk mengenalkan hak dan kewajiban dari para akademisi, dan sebagai upaya revolusi mental/membentuk karakter untuk para akademisi. Dalam PTMB ini diikuti sejumlah 80 peserta antara lain mahasiswa Baru (MABA) dan panitia PTMB Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah IAIN Kediri 2024.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, yakni pada hari Jum’at, 13 September 2024 hingga Ahad, 15 September 2023. Acara PTMB HES 2024 berlangsung di Ruang Peradilan Fakultas Syariah. Kegiatan pertama diisi dengan sambutan-sambutan, sambutan yang pertama disampaikan oleh ketua pelaksana Ali Irfan Muzakki, sambutan yang kedua disampaikan oleh Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Hukum Ekonomi Syariah Moh.Sayfudin, Sambutan yang ketiga disampaikan oleh Ketua DEMA (Dewan Mahasiswa) Fakultas Syariah atau yang mewakili Farhan ’Ala, dan sambutan yang terakhir sekaligus pembukaan acara PTMB HES 2024 yang disampaikan oleh Ketua Program Studi Hukum Ekonomi Syariah yaitu Bapak Amrul Muttaqin, M.EI. Setelah pembukaan para mahasiswa baru diberikan Pengenalan terkait Madrasah Muamalah yang disampaikan oleh Bapak Alwi Musa Muzaiyin., S.EI., M.Sy.

Adapun materi-materi yang diberikan saat PTMB HES 2024 yaitu, materi pertama tentang Kekaprodian, pemateri Bapak Amrul Muttaqin, M.EI., pada materi ini menjelaskan tentang gambaran umum tentang program studi yang dipilih oleh mahasiswa baru, termasuk kurikulum, prospek karir, dan peluang yang ada. Materi Kedua, Literasi Gen-Z pemateri Saiful Amin, pada materi ini dijelaskan bagaimana literasi ini menjadi instrumen untuk memahami suatu yang diucapkan maupun didengar. Melalui film, musik, serta mengobrol dengan orang. dan Materi terakhir, Critical Thinking pemateri Fadhlulloh, S.H. pada materi ini menjelaskan tentang kemampuan untuk menganalisis, mengevaluasi, dan memecahkan masalah secara objektif dan rasional.