Benchmarking Program Studi Hukum Ekonomi Syariah ke Fakultas Syariah UNIDA Gontor

Kamis, 4 Juli 2024 Pengelola Program Studi Hukum Ekonomi Syariah bersama tim melaksanakan Benchmarking ke Fakultas Syariah Universitas Darussalam Gontor. UNIDA adalah salah satu perguruan tinggi terakreditasi Unggul dan di kenal oleh berbagai negara dunia. Benchmarking kali ini menggusung tema Pengelolaan prodi untuk mencapai akreditasi unggul dan go international.

Dalam kunjungan ilmiah ini banyak hal yang dipelajari Pengelola Prodi Hukum Ekonomi syariah dari Fakultas Syariah Universitas Darussalam Gontor, antara lain:

  1. Belajar selama 24 jam per hari merupakan salah satu ciri khas Islamic boarding school atau pesantren.
  2. Kunci untuk bisa menjadi unggul adalah banyak berpartner dengan perguruan tinggi lain.
  3. Pengalaman UNIDA untuk persiapan akreditasi unggul adalah membawa seluruh pengelola mulai dari rektor hingga sekprodi untuk belajar di luar kampus dengan mengundang kampus-kampus lain yang sudah unggul sebagai pemberi materi.
  4. Bidang penjamin mutu memiliki asisten khusus yang bertugas mengontrol karir dosen serta mengisi data di aplikasi sister.
  5. Bagian Kerjasama luar negeri bertugas sebagai penggaet mahasiswa asing.
  6. UNIDA memiliki MOU serta aktif melaksanakan tridharma perguruan tinggi dengan seluruh negara di ASEAN.
  7. Mahasiswa asing yang sedang melakukan pertukaran pelajar didaftarkan ke negara dan diklaim sebagai mahasiswa asing yang kuliah di UNIDA pada saat mengisi borang, hal ini merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan jumlah mahasiswa asing.
  8. Kemampuan berbahasa asing merupakan salah satu kunci internasionalisasi, seperti riset dan pengabdian kolaboratif internasional serta program pertukaran dosen.
  9. Mahasiswa UNIDA yang melakukan program pertukaran pelajar ke luar negeri sekalian diminta untuk ikut lomba di negara tersebut dengan harapan mendapatkan juara sehingga mendapatkan lebih dari satu poin akreditasi. Kemudian DPL mahasiswa yang ke luar negeri memanfaatkan waktu kunjungan untuk PKM internasional.
  10. Mahasiswa asing yang sedang pulang ke kampung halaman diminta untuk mengikuti lomba di negaranya sehingga Ketika juara bisa diklaim sebagai juara internasional
  11. UNIDA bekerja sama dengan asosiasi advokat yang mana manfaat dari kerjasama tersebut seluruh alumni UNIDA bisa ikut PKPA gratis.
  12. Sistem pesantren yang mengikat antara santri dan kyai membuat UNIDA mudah mencari alumni-alumni dari mahasiswa asing yang tersebar di seluruh belahan dunia.
  13. UNIDA memiliki bagian-bagian khusus yang konsen mengurusi kemampuan mahasiswa secara umum yang terdiri dari direktorat pengembangan Bahasa, direktorat islamisasi ilmu, dan direktorat kepesantrenan. Masing-masing direktorat bertugas memberi kegiatan dan materi serta memberikan tes sesuai bidang masing-masing.
  14. Seluruh kegiatan kepesantrenan di luar akademik terekam dalam sistem yang bernama AKPAM (Angka Kredit Penunjang Akademik Mahasiswa) dengan nilai akhir IPS (Indek Prestasi Santri), yang nantinya hasil dari AKPAM menjadi bahan dalam penerbitan SKPI.
  15. Orang tua mahasiswa memiliki aplikasi khusus untuk ikut mengontrol perkembangan studi mahasiswa, sehingga perkembangan studi terpantau dua arah yaitu dari kampus dan dari orang tua.
  16. Rektor, wakil rektor serta dekan  wajib tinggal di rumah dinas yang ada di dalam kampus untuk mempermudah koordinasi.
  17. Sebagian besar dosen juga tinggal di rumah dinas yang ada di dalam kampus untuk memberikan pelayanan 24 jam per hari sehingga bimbingan skripsi bida dilayani setelah maghrib dan setelah isya’.
  18. Rapat satu minggu sekali yang wajib dihadiri oleh seluruh bagian untuk melakukan evaluasi kinerja selama 1 minggu dan menyampaikan rencana kerja satu minggu kedepan.
  19. Mahasiswa UNIDA bebas memilih Lembaga untuk magang sesuai bidang yang diminati mahasiswa selama Lembaga-lembaga tersebut memiliki Kerjasama dengan Fakultas Syariah UNIDA. Jikalau mahasiswa memilih Lembaga magang yang tidak Kerjasama maka diurus proses Kerjasama terlebih dahulu.
  20. Siakad dilengkapi dengan tools yang otomatis menghasilkan data-data yang dibutuhkan dalam AMI dan akreditasi.

Satu hal lagi hal yang sangat penting dalam kunjungan ilmiah kali ini, yaitu penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Fakultas Syariah IAIN Kediri dengan Fakultas Syariah UNIDA Gontor sebagai Langkah awal untuk kami bersinergi untuk mencapai akreditasi unggul dan go internasional.