PRODI HES FAKULTAS SYARIAH IAIN KEDIRI SIAP GELAR WORKSHOP BIMBINGAN KARIER MAHASISWA

HES FASYA IAIN KEDIRI – Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (Prodi HES) Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri melalui kegiatan aktualisasi yang dilaksanakan oleh salah satu dosen, Rezki Suci Qamaria, M.Psi., mulai melakukan pemetaan tingkat kematangan karier mahasiswa di Fakultas Syariah, khususnya pada mahasiswa Prodi HES semester VII. Hasil pemetaan menggambarkan, dari 80 mahasiswa yang mengisi kuesioner pemetaan kematangan karier, terdapat 65% mahasiswa memiliki tingkat kematangan karier pada kategori rendah dan sedang.

Berdasarkan hasil tersebut, Prodi HES Fakultas Syariah IAIN Kediri memberikan layanan konseling kelompok karier yang melibatkan mahasiswa yang memiliki hasil pengukuran kematangan karier pada kategori rendah dan sedang. Selain itu, Prodi HES Fakultas Syariah IAIN Kediri juga melaksanakan sosialisasi karier dengan menghadirkan alumni sebagai pemateri.

Pada akhir rangkaian kegiatan tersebut, Prodi HES Fakultas Syariah IAIN Kediri melakukan pemetaan kembali dan melakukan survey gambaran karier yang dimiliki mahasiswa. Hasilnya adalah terjadi peningkatan yang signifikan terhadap kematangan karier mahasiswa. Di samping itu, hasil survey gambaran karier mendeskripsikan bahwa mayoritas mahasiswa memiliki gambaran karier menjadi praktisi hukum.

Berdasarkan pengalaman kegiatan pada tahun 2019 tersebut, Prodi HES Fakultas Syariah IAIN Kediri kembali akan menggelar kegiatan yang fokus untuk memperhatikan kematangan karier mahasiswa, khususnya mahasiswa pada semester akhir. Kegiatan tersebut adalah “Workshop Bimbingan Karier Mahasiswa Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah IAIN Kediri”. Kegiatan yang digelar secara online melalui Zoom Meeting dan Youtube Fakultas Syariah pada Senin, 22 Maret 2021, pukul 08.00-12.00 WIB, itu mengusung tema “Siap Menantang Karir di Arus Milenial”.

Ada dua narasumber yang telah siap untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada peserta. Pertama, praktisi psikologi yang aktif dalam Founder Talenta Biro Layanan Psikologi, Wara Anggana, M.Psi., Psikolog. Ia akan menyampaikan materi terkait pentingnya kesadaran perencanaan karier dan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk merencanakan karier yang akan digeluti setelah menyelesaikan studi.

Kedua, Ketua Bidang Pendidikan dan Akademik Pengurus Daerah Kediri Raya Ikatan Notaris Indonesia, Tri Wahyudiono, S.H., M.Kn. Ia akan memberikan gambaran kepada mahasiswa mengenai tahapan yang harus dilalui oleh sarjana hukum untuk memperoleh profesi notaris dan hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan ketika memiliki gambaran karier sebagai notaris.

Walaupun workshop ini wajib diikuti oleh mahasiswa Prodi HES Fakultas Syariah IAIN Kediri semester VI dan VIII, namun seluruh mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Kediri dan masyarakat umum juga dapat mengikutinya. Adapun luaran dari kegiatan tersebut adalah terbentuknya komunitas mahasiswa dalam perencanaan karier sebagai notaris dengan pendampingan dari narasumber. Untuk pendaftaran, silakan mengakses tautan “bit.ly/KarirHES” dan bergabung di dalam grub WhatsApp melalui “bit.ly/grupkarirHES”.(*/rezki/rizal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *